Belanda, Oh indahnya!!
April 23, 2010, 7:41 am
Filed under: Funny Stories | Tags: ,

Belanda Oh Belanda !!
Siapa sih yang gak mau pergi ke Belanda. Gue juga mau kok pergi ke Belanda, tapi siapa yang mau bayarin gue buat pergi ke Belanda ?
Saking kebeletnya buat pergi ke Belanda, kemaren pas lagi tidur di bawah pohon jengkol, gue mimpi di bawa terbang ke Belanda sama si Gatot Kaca.
Si Gatot Kaca ngasih gue liat beberapa tempat indah di Belanda.

Beberapa di antaranya adalah :
Keukenhof

Keukenhof (taman dapur) adalah sebuah taman bunga yang terletak di daerah Lisse, Belanda. Konon, taman ini merupakan taman bunga terbesar di dunia. Taman ini dibuat pada tahun 1949 oleh calon walikota Lisse, yaitu kota kecil di dekat Amsterdam. Dengan tujuan untuk membuat sebuah pameran bunga agar penanam bunga dari penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga yang akan membantu Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di dunia.Keukenhof dibuka setahun sekali pada minggu terakhir bulan Maret sampai pertengahan bulan Mei. Karena saat terbaik untuk melihat bunga tulip adalah pertengahan bulan April.

dicomot di sini

Walibi World
Merupakan salah satu taman hiburan terbesar di Belanda. Taman ini terletak di Biddinghuizen (Dronten kotamadya) di provinsi Flevoland Belanda. Walibi World memiliki tujuh roller coaster, termasuk terbesar, tercepat dan terpanjang roller coaster di Benelux theGoliath. Walibi World juga memiliki kayu roller coaster dan wahana lainnya, sehingga total tujuh coasters, dan lebih dari 50 atraksi dan pertunjukan.

di comot di sini

dicomot di sini

Setelah capek menikmati tempat wisata di Belanda, gue pun di bawa ke tempat makan yang menyediakan masakan Belanda. Berikut masakan khas Belanda :
Sup Ercis
Sup ini merupakan sup yang dibuat dari kacang ercis. Di Indonesia sup ercis juga dikenal dengan namanya dalam bahasa belanda, yaitu erwtensoep sebagai makanan tempo doeloe. Sup ini berwarna hijau kekuning-kuningan bahkan kadang-kadang cenderung cokelat. Isi dalam sup ini adalah sayur-sayuran seperti prei, kentang, dan wortel. Biasanya sup ini dinikmati pada waktu musim dingin.

dicomot di sini

Bitterballen
Makanan khas belanda yang rasanya sangat mirip kroket. Makanan ini biasanya dijadikan kudapan yang menyertai minuman. Makanan ini dibuat dari daging sapi, udang, ato bahkan daging kuda yang dicincang dan dibalut dengan tepung. Yang kemudian di goreng dengan minyak mendidih.

dicomot disini

Perjalanan gue dan Gatot Kaca berlangsung ke sebuah pasar. Pasar ini bukan sembarang pasar, karena di pasar ini gue menemukan banyak sekali penjual keju. Karena itu, pasar ini disebut sebagai “pasar keju” ato kaasmrkt dalam bahasa belanda. Pasar keju ini buka setiap hari jumat mulai jam 10 pagi sampai jam 12 siang. Dan dibuka mulai jumat pertama di bulan april sampai jumat pertama di bulan september.Di pasar ini terdapat empat tim pengangkut keju yang dapat dibedakan berdasarkan warna topinya yaitu merah, biru, hijau dan kuning. Keju2 diangkut ke rumah penimbangan untuk ditimbang.

dicomot di sini

Berada di belanda memang serasa seperti berada di surga keju. Karena belanda juga sangat terkenal akan kejunya. Ini sangat cocok buat gue yang notabene seorang pecinta keju. Beberapa kota penghasil keju di belanda adalah Gouda (kejunya sangat terkenal di belanda dan sudah di produksi sejak lebih dari tiga abad), Edam (kota penghasil keju yang menjadi pusat ekspor keju belanda), Hoorn, dan Woerden.

dicomot di sini

Rasanya memang tidak ada habisnya kalo membicarakan keindahan Belanda. Selain terkenal karena bunga, kincir angin, dan kejunya. Si Belanda ini juga melahirkan beberapa seniman seperti Vincent Van Gogh, seorang pelukis yang terkenal di abad 19 dan 20an.

dicomot di sini

Keindahan Belanda yang gue nikmati bersama si Gatot Kaca membuat gue pingin menetap di belanda sambil menimba ilmu di negeri kincir angin ini. Selain menyajikan keindahan alam, bangunan dan seni budayanya, si Belanda ternyata juga punya sistem pendidikan dengan reputasi dan kinerja yang baik.

Belanda adalah negara yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa nasional mereka. Tapi, belanda menawarkan program studi berbahasa inggris. Lebih dari 1000 program studi internasional dalam berbagai bidang ditawarkan oleh mereka dengan kurikulum yang itensif dan level yang lebih dibandingkan dengan negara lain. Selain itu orientasi pendidikan di Belanda lebih menekankan pada praktek.

Selain faktor yang tersebut di atas, faktor lain adalah masyarakatnya yang multikultur, berpikiran terbuka, dan yang pasti pendidikan Belanda adalah pendidikan yang berkualitas. Sebagai contoh adalah Universitas Utrecht, merupakan universitas terkemuka di Belanda. Universitas ini menduduki peringkat ke 6 di Eropa.

dicomot di sini

Perkuliahan di universitas ini dirancang dengan sangat matang. Dan dosennya pun menyiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, terencana dan sangat disiplin. Dari sisi mahasiswa, perkuliahan menuntut kerja keras, kemandirian, dan sikap aktif mahasiswa.

Perjalanan gue dan Gatot Kaca pun berakhir, sebelum gue terbangun karena kejatuhan buah jengkol.
Belanda, Oh Belanda…Kapan mimpi gue terwujudkan ?

informan :

Advertisements

31 Comments so far
Leave a comment

hmmm,,, belanda,, negeri yang bagus,,

selalu ada saja hubunganya sama Indonesia,,

infonya menarik.. sayang aku udah lulus kuliah,, masa mo sekolah lagi,,hehehe

moga menang ya… hahaha

Comment by Yui

Waaaaaaaaww…

kamu tau kan yo klo aku suka sangat sama bunga..
Itu taman bunga nya bagus.. aku mau kmu ajak kesitu .. hehehehe

Oh ya.. good luck buat kompetisinya yah.. ACA =D

Comment by Humaira

setelah baca, jd pengen ke sana jg….hihi…

Comment by siroel

jepang.. oh jepaaang.. ^___________^

Comment by elok langita

ampe kebawa mimpi :D

Comment by Gusti

saya juga mau kesana…

Emang tau pohon jengkol kayak apaan???

Comment by Tyas

yuks, bareng-bareng pergi kesana… :D

Comment by Arif R.

Gw pengen ke apple,inc. aja liat om steve jobs dg ide2 revolusionernya *gak nyambung*

Comment by JhezeR

paling seru kl ke sananya bisa gratis tis tis…. ada yg mau bayarin ngak….. :D

Comment by orange float

hai, ola….apa kabar?
ehehehe…trims ya info soal belandanya. barangkali aku dapet undian mendadak, bisa pergi ke belanda *ngarep mode on*

Comment by Clara

Halahhh ngaku aja deh. Kamu mau ke Belanda emang peduli dengan taman bermain, taman bunga, obyek pariwisata, gedung2 tua, makanan, art museum apalagi kuliah? Bukannya bule, bule, bule dan bule? LOL *kaboer*

Comment by Dewa Bantal

negara bekas penjajah yang skrg menjadi negara yang bersahabat dengan kita. Salah satu alternatif pariwisata yang asik. Jangan nyasar ke red district ya hahahahahha

Comment by dheelaa

wah, awak lapar ngeliat makanannya…

Comment by yak

wah ikutan kontes juga yah la?? semoga menang deh :)

Comment by fanz

wahh ikutan kontes juga y?? go to belandaaaaa…. wakakaka…
siapa tau beneran nanti di bawa si gatot kaca seperti di mimpi khan? hihi..

Comment by agoenk70

untuk sekarang msh blm pgn k belanda. bhasa asingq msh pas2an c

Comment by a-rief

wah
kamu ikutan lomba ini ya,,,
goodluck aja ya say,,,,

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

Comment by ladyulia

saya jadi inget daerah yang pernah di bahas hirata , damrak-amsterdam ea… He…

Comment by achen

Ternyata Utrecht punya Univ, yang hebat juga, lebih hebatan dari team uterecht di footballnya thoh.. :-))

Comment by buwel

belanda emang keren bangetttttttt…
aku juga pingin banget kesana…

gud lak ya buat kompetisinya…

Comment by ieyas

yol yol, dah lama tak mapir :D
heemm…. kompetisi apa nie yol?

Comment by rantrave

keren.. keren infonya.. baca artikel kontes ini semakin tahu mengenai belanda..

semoga menang ya.. :)

Comment by delia4ever

wah keren jg ya belanda
tp cm bs mimpi aja kesana hahaha

Comment by ♥ria♥

Saya doakan supaya impiannya tercapai…. aminnn…
Keukenhoff memang indah banget, ngeliat keju di sana yang segede2x gaban jadi bingung mau dibikin kue berapa karung yah?…hehe:D

Coba aja apply beasiswa Stuned untuk S2. Paling nggak bisa siap2x dari sekarang, merancang CV supaya bagus saat waktunya buat apply nanti tiba. All the best! :D

Comment by Felicity

sukses buat kontes nya.. :)

Comment by dv

Semoga menang ya..
bisa ke Belanda

Comment by Itik Bali

cieeeeeeee ikutan juga
hahaha

Comment by hellgalicious

ola la la la la… :D

Comment by 9ete

yolanda sayaaaaaangg !
mari kita ke Belanda bareng ..
betapa indahnya Belanda ya ..

Comment by Luna

ahahhh…ikut kontes jg ne la?
ya ya ya….sukses wat kontesnya :)

Comment by avokadojuice

Ke belanda?
Pengen banget… Salah satu tempat impian yg pengen aku kunjungi setelah swiss dan beverly hills.

Comment by Pink




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: